Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Terapkan Protokoler Pencegahan Covid-19 untuk Setiap Agenda Kedinasan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 April 2020 - 02:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau memberlakukan protokoler pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19 untuk setiap penyelenggaraan agenda kedinasannya. Hal itu seperti yang tampak saat gelaran rapat paripurna DPRD Lamandau, Kamis 2 April 2020.

"Meskipun kita (Lamandau) saat ini masuk kategori zona hijau alias 'zero covid-19', sudah seharusnya kita tetap menggunakan protokoler pencegahan Covid-19 di setiap agenda kedinasan, langkah ini sebagai upaya antisipasi kita bersama," kata Bupati Hendra Lesmana.

Seperti pada beberapa kegiatan dinas lainnya, pada saat gelaran rapat paripurna yang mengagendakan Penyampaian Pidato Bupati tentang LKPJ thun 2019 itu sangat kental dengan nuansa pencegahan covid-19.

Mulai dari adanya petugas yang mewajibkan seluruh yang hadir untuk melakukan cuci tangan saat akan memasuki Gedung DPRD, adanya petugas kesehatan yang berjaga di meja screening persis depan pintu masuk ruang sidang, hingga adanya petugas khusus yang membagikan masker, menyediakan handsanitizer, serta petugas yang mengawasi orang untuk senantiasa jaga jarak atau social distancing.

Petugas kesehatan yang berjaga di depan pintu masuk ruang sidang paripurna bertugas untuk mengecek suhu tubuh semua peserta paripurna secara satu persatu, petugas tersebut juga dilengkapi alat pendeteksi suhu tubuh model thermo gun, tak lupa ia juga mencatat setiap nama berikut angka yang keluar dari hasil pemeriksaannya.

Di dalam ruangan sendiri, semua peserta yang masuk dipastikan tetap jaga jarak, setiap tempat duduk disusun rapi agar semua orang yang ada di rungan tidak saling berdekatan.

"Untuk awal-awal hal seperti ini pasti membuat kita agak risih dan kaku. Tetapi, ini tetap harus dilakukan, demi kebaikan dan keamanan kita bersama, sebagai ikhtiar kita agar tetap terhindar dari Covid-19," kata Bupati Hendra. (HENDI NURFALAH)

Berita Terbaru