1 Orang di Kotawaringin Barat Positif Corona

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 April 2020 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah, Jumat, 3 April 2020 mengumumkan saat ini sudah ada satu orang yang berstatus positif virus corona atau covid-19.

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang didapatkannya bahwa pasien berinisial SB tersebut tiba di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tanggal 31 Maret 2020 sekitar pukul 19.10 WIB dengan kondisi batuk dan pilek. Berdasarkan rapid test diketahui bahwa yang bersangkutan positif Covid-19.

"Setelah itu, pasien bernama SB tersebut kemudian diambil sampel swab. Setelah sampel itu dikirimkan ke laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Surabaya, diketahui memang benar positif Covid-19," jelas Nurhidayah saat jumpa pers.

Bupati menjelaskan, dirunut riwayat perjalanannya SB merupakan satu dari 60 orang jamaah tabligh yang datang dari Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Mereka berangkat dari Kabupaten Gowa tanggal 18 Maret 2020 menggunakan kapal laut dan tiba di Batu Licin Kalsel. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan darat menuju Kobar dan tiba tanggal 22 Maret 2020," jelas Bupati.

Lantaran ada seorang dari jamaah tabligh yang berangkat ke Gowa tersebut diketahui positif, maka Tim Gugus Covid-19  Kobar segera melakukan tracking keberadaan lainnya.

"Tadi malam 59 orang semua sudah kita kumpulkan dan dikarantina di gedung LPTQ Pasir Panjang. Saat ini rencananya dilakukan rapid test untuk mengetahui apakah ada yang positif lagi atau tidak," jelas pungkas Nurhidayah. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru