Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akan Rawat Pasien COVID-19 di Rumah, Perhatikan Aturan WHO Ini

  • Oleh Teras.id
  • 03 April 2020 - 12:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tidak semua pasien positif virus corona harus dirawat di rumah sakit. Atas dasar kesehatan fisik yang tergolong bugar, pasien dalam pengawasan (PDP) pun hanya akan diminta mengisolasi diri di rumah selama 14 hari.

Buat yang bertugas menjaga PDP, beberapa hal pun harus diperhatikan agar virus tidak menular ke dirinya dan anggota keluarga lain. WHO pun menyampaikan imbauan terkait hal ini melalui laman resmi sebagai panduan para perawat.

Tempatkan pasien di ruangan tunggal yang berventilasi baik. Misalnya dengan jendela terbuka dan pintu terbuka.

Batasi pergerakan pasien di rumah, termasuk ruang bersama. Pastikan pula bahwa ruang bersama, seperti dapur dan kamar mandi, berventilasi baik dan biarkan jendela terbuka.

Perawat dan anggota keluarga harus tidur di kamar yang berbeda dengan pasien. Jika tidak memungkinkan, beri jarak satu meter di dalam ruangan yang sama. Misalnya, tempat tidur terpisah dengan jarak yang telah diimbau.

Batasi jumlah perawat. Idealnya, tetapkan satu orang yang memiliki kondisi fisik sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit kronis. Kunjungan kepada pasien juga wajib dibatasi hingga ia dinyatakan sembuh total dari COVID-19.

Segera cuci tangan dengan sabun dan air setelah melakukan kontak fisik ataupun dengan barang-barang di sekitar pasien. Cuci tangan juga diterapkan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setiap kali tangan terlihat kotor. Sebaliknya jika tangan tidak tampak kotor, tisu basah berbasis alkohol dapat digunakan.

Apabila mencuci tangan dengan sabun dan air, pastikan mengeringkannya dengan tisu. Jika tidak tersedia tisu, maka alternatif handuk dari kain bersih bisa digunakan. Jangan lupa untuk menggantinya secara berkala.

Untuk menghindari penularan COVID-19, pasien yang dirawat juga wajib menggunakan masker bedah saat tidak sendirian. Ini juga harus diganti setiap hari. Sedangkan yang tidak bisa menggunakan masker karena alasan tertentu, menutupi mulut dan hidung dengan tisu kertas harus dilakukan. Membuangnya dengan benar usai digunakan juga tak kalah penting.

Perawat harus mengenakan masker medis yang menutupi mulut dan hidung ketika berada di ruangan yang sama dengan pasien. Masker tidak boleh disentuh saat digunakan. Jika basah atau kotor, masker pun harus segera diganti dengan masker baru yang bersih dan kering.

Berita Terbaru