Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumatan di Masjid Roudlotul Jannah Nanga Bulik Masih Normal, Tak Ada Jaga Jarak dan Gulung Karpet

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 April 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kebanyakan masjid di Kabupaten Lamandau, khususnya kota Nanga Bulik, masih menggelar salat jumat berjamaah secara normal. Seperti halnya di Masjid Jami Roudlotul Jannah, Nanga Bulik, Jumat 3 April 2020.

Pantauan Borneonews, di masjid jami tertua di Lamandau itu, suasana Jumatan masih berjalan normal, seolah tak terganggu dengan adanya wabah virus Corona atau Covid-19, meskipun Lamandau memang masih masuk kategori zona hijau, sekalipun tetap berstatus daerah Siaga Covid-19.

Gelaran salat jumat di majid yang terletak di Jalan Niaga Nanga Bulik itu, bahkan tidak tampak pula menerapkan pembatasan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 sebagaimana imbauan pemerintah daerah dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ketika salat maupun saat duduk ketika khotib jumat berhutbah, tak ada aturan jaga jarak atau social distancing dalam salat berjamaah. Bahkan karpet yang menjadi alas salat juga masih tergelar rapi dari shaf/baris pertama hingga shaf terakhir.

"Kita agak was-was juga sih, soalnya shafnya masih rapat di tengah musim Corona ni, padahal kan baiknya pengurus masjid juga mengambil langkah pencegahan seperti yang dicintohkan masjid-masjid di daerah lain," ungkap Andre, seorang jamaah yang ikut jumatan.

Sementara itu, MUI Lamandau telah mengeluarkan imbauan dalam menyikapi wabah Covid-19, yang isinya tidak mengeluarkan larangan melakukan aktivitas peribadatan termasuk jumatan, tapi MUI mengimbau agar masjid-masjid menerapkan langkah pencegahan Covid-19 dalam setiap kegiatan peribadatan yang digelar.
(HENDI NURFALAH/m)


TAGS:

Berita Terbaru