Warga Kelurahan Muara Tuhup Berstatus ODP Dijemput karena Alami Gejala Covid-19

  • Oleh Syahriansyah
  • 03 April 2020 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Warga Kelurahan Muara Tuhup, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya yang diketahui berstatus orang dalam pamtau (ODP) dijemput oleh petugas penanganan Covid-19, karena mengalami gejala yang mengarah pada indikasi Covid-19.

Aksi penjemputan ini menarik perhatian warga karena warga yang berstatus ODP ini harus dilakukan pengecekan kesehatannya lebih lanjut bahkan dirujuk.

Disampaikan Juru Bicara Penanggulangan Covid-19, Iskandar Kurniawan yang bersangkutan mengalami kenaikan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, sebagai tindakan antisipasi meski belum positif Covid-19, maka sesuai protokol kesehatannya harus dilakukan perawatan.

"Dilakukan penjemputan terhadap ODP karena warga tersebut mengalami gejala mengarah pada COVID, namun setelah dilakukan pemeriksaan dengan rapid test VCR di rumah sakit hasilnya negatif dan hasil laboratorium juga tidak ada gejala sehingga statusnya jadi ODP," jelasnya, Jumat, 3 Maret 2020.

Disampaikan, ditetapkannya ODP kepada warga karena ini diketahui baru pulang dari Makassar menjadi salah satu rombongan jamaah tabliq.

Setelah dia pulang dari kegiatan tersebut warga Jalan Bina Warga RT 003 itu kini mengalami gangguan kesehatan.

"Memang ODP ini memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah dalam beberapa waktu lalu, jadi yang saat ini pasien sudah kita rujuk untuk melakukan pemeriksaan swan untuk memastikan hasilnya," lanjutnya.

Semantara untuk saat ini data ODP di Kabupaten Mura kini berjumlah sebanyak 18 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 2 orang yang kini tengah dirawat di RS Doris Sylvanus Palangka Raya. (RIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru