11 ODP di Lamandau Rapid Test Corona, Ini Hasilnya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 April 2020 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemkab Lamandau melakukan rapid test Corona atau Covid-19 bagi warga yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP), Jumat 3 April 2020.

Rapid Test yang dipusatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) kabupaten Lamandau itu dilakukan sebagai salahsatu upaya deteksi dini dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Lamandau.

Berdasarkan data pada Rapid Test yang dilkukan di hari pertama, diketahui ada 11 orang dari 47 orang warga Lamandau berstatus ODP telah menjalani rapid test dengan menggunakan alat sejenis test kit dengan nama 'Wondfo SARS-CoV-2 Antibody Test' itu. Hasilnya, 11 orang tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

"Alhamdulillah, hasil rapid test untuk sebelas ODP Covid-19 yang telah mengikuti test di hari pertama ini hasilnya semuanya negatif Covid-19," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana, saat dikonfirmasi Jumat 3 April 2020 malam. 

Hendra Lesmana yang juga sebagai ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Lamandau itu juga berharap bahwa 36 warga lainnya yang berstatus ODP yang belum test juga nantinya menunjukan hasil negatif covid-19. "Harapan kita nanti semua hasil test-nya negatif, semoga saja," harap Hendra.

Pelaksanaan rapid test corona di kabupaten Lamandau kali ini tidak terlepas dari adanya bantuan alat rapid test dari pemerintah provinsi Kalteng, di mana pemkab Lamandau sendiri menerima 100 buah alat rapid test tersebut, di tengah kesulitan dan kelangkaan alat tersebut di pasaran saat ini. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru