Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pandemi Corona, Singapura Kirim Alat Kesehatan ke Indonesia

  • Oleh Tempo.co
  • 04 April 2020 - 07:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Singapura kembali mengirimkan alat kesehatan untuk membantu penanganan pandemi Corona di Indonesia pada Jumat, 3 April 2020. Kementerian Luar Negeri Singapura menyatakan pengiriman alat-alat tersebut merupakan permintaan pemerintah Indonesia.

"Menyusul diskusi antara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Joko Widodo pada 11 Maret lalu dalam rangka menguatkan kolaborasi melawan virus corona," kata Kementerian Luar Negeri Singapura, dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 3 April 2020.

Hingga saat ini Singapura telah mengirimkan 30 ribu alat tes dan lima mesin PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mendeteksi Covid-19, sebanyak 1.050 unit alat pelindung diri (APD), 100 virus transport media (VTM), dan empat alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner).

"Alat-alat tersebut akan digunakan di Jakarta, Kepulauan Riau, dan Sumatera Utara."

Dikutip dari The Straits Times, Singapura sebelumnya mengirimkan bantuan alat kesehatan berupa 50 baju hazmat dan dua ventilator untuk Dinas Kesehatan Kota Batam, Kepulauan Riau. Bantuan tersebut diserahterimakan pada 13 Maret lalu.

Presiden Jokowi sebelumnya memang menyatakan telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong. Jokowi mengatakan Singapura ingin membantu Indonesia dalam penanganan corona.

"Saya tidak ingat jumlahnya, tapi cukup banyak. Kalau mereka ingin bantu ya kita terima," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 16 Maret lalu.

Pada Jumat kemarin, pemerintah Indonesia melaporkan penambahan 196 kasus virus Corona. Ini merupakan penambahan kasus harian terbesar sejak Covid-19 pertama kali diumumkan pada 2 Maret lalu.

Hingga 3 April, situasi pandemi Corona di Indonesia tercatat 1.986 kasus positif terinfeksi, 181 orang meninggal, dan 134 orang sembuh. (TERAS.ID)

Berita Terbaru