Pemkab Barito Selatan Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

  • Oleh Uriutu
  • 04 April 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan memastikan bahwa harga kebutuhan pokok di pasar Kota Buntok relatif stabil, karena ketersediaannya mencukupi.

Berdasarkan hasil sidak Pemkab Barsel bersama-sama dengan DPRD, TNI dan Polri, di pasar Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, sebagian besar bahan pokok masih dalam kondisi harga yang relatif stabil, Sabtu, 4 April 2020.

Asisten I Setda Barsel Aslianson mengakui, berdasarkan hasil sidak di pasar ada beberapa jenis bahan pokok tertentu yang mengalami kenaikan. Terutama komoditi gula pasir yang harganya di tingkat pedagang ditemukan bervariatif, antara Rp 19.000 sampai Rp 21.000 per kg. Kenaikan ini terhitung sekitar 30 persen lebih tinggi dari harga sebelumnya, yang berada di kisaran Rp.13.000 sampai Rp.15.000 per kilogram di tingkat pedagang.

Selain gula pasir, komoditi yang mengalami kenaikan harga adalah bawang merah dan bawang putih, yakni untuk bawang merah mencapai Rp 40.000 per kg dan bawang putih di kisaran Rp 45.000 per kg.

Menurutnya hal itu bukanlah masalah, karena dianggap masih dalam batas kewajaran.

“Untuk gula pasir ada kenaikan, bervariatif yakni ada Rp 19.000, Rp 20.000, dan Rp 21.000. Kalau dihitung ketiga-tiganya kemudian dibagi tiga, tidak ada permasalahan,” tukasnya.

Namun, lanjut dia, hingga saat ini belum ditemukan adanya pedagang ataupun agen yang melakukan tindakan penimbunan bahan pokok seperti yang dikhawatirkan oleh masyarakat.

“Dari pemantauan tadi, tidak ada penimbunan oleh pedagang,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjut dia, harga tersebut belum bisa dipastikan akan bertahan lebih lama, karena saat ini berdasarkan pengakuan pedagang, bahwa pihaknya menstok barang hanya untuk kebutuhan pasar selama dua sampai tiga hari ke depan.

Oleh karena itu, guna memastikan stabilitas harga-harga barang dan ketersediaannya di pasaran, pihak pemkab melalui instansi terkait, berjanji akan terus memantau perkembangan pada setiap hari.

Berita Terbaru