Dandim Buntok: Jiwa Raga Kami untuk NKRI, Darah Pun Siap Disedot, Keselamatan Rakyat yang Utama

  • Oleh Uriutu
  • 04 April 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - "Jiwa raga kami untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI, darah kami pun siap disedot, karena keselamatan rakyat yang utama". Itu disampaikan Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Tuwadi saat memimpin aksi donor mengatasi kekurangan darah menghadapi pandemi COVID-19, di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Sabtu, 4 April 2020.

“Darah kami pun siap disedot untuk membantu rakyat mengatasi kekurangan darah menghadapi pandemi COVID-19,” kata Tuwadi.

Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya dengan donor darah.

Dandim mengatakan, proses donor darah yang diambil dari personel Kodim 1012 Buntok ini dilaksanakan secara sukarela untuk menutupi kekurangan darah akibat social distancing.

Dari hasil pengambilan darah ini nantinya sebagai stok darah yang digunakan dalam transfusi darah bagi yang membutuhkan, termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif Covid-19.

Menurutnya, adanya program pembatasan sosial yang sedang dilakukan maka ketersediaan darah bisa berpengaruh.

Aksi donor darah ini diharapkan bisa membantu RSUD Jaraga Sasameh dan PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Ia juga membeberkan, manfaat donor darah sendiri dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar.

“Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk corona,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru