Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Penyebaran COVID-19, Legislator Ini Minta Pihak Berwewenang Tutup Sementara Akses Kapal Tug Boat di DAS Barito

  • Oleh Uriutu
  • 04 April 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok -  Dikhawatirkan menjadi sumber penyebaran virus Corona atau COVID-19, anggota DPRD Barito Selatan, Raden Sudarto meminta kepada semua pihak yang berkewenangan menutup sementara akses kapal Tug Boat di DAS Barito.

Raden Sudarto mengatakan, selama status darurat Covid-19 belum dicabut, hendaknya semua kegiatan di perairan baik Tug Bat dan tongkang tidak diberikan akses melintas.

Meskipun sebelumnya, Dinas Perhubungan Barsel telah menerbitkan kebijakan larangan bagi ABK tidak naik kedaratan, namun menurutnya hal itu masih tidak efektif.

Pasalnya selama mereka masih beroperasi di wilayah Barsel, tidak akan ada yang bisa memantau selama 24 jam, apakah para ABK kapal ini naik atau tidaknya kedaratan.

“Kalau mereka naik ke daratan otomatis berinteraksi dengan masyarakat setempat,” kata Raden Sudarto kepada Borneonews, Sabtu, 4 April 2020.

Hal ini mengingat bahwa Barsel secara geografis berada di tengah-tengah perairan Barito, sehingga sangat rawan menjadi tempat transit para ABK yang beroperasi baik dari hulu dan hilir sungai.

Ia pun menyarakan, bagi kapal-kapal yang sudah terlanjur masuk perairan di wilayah Barsel, untuk aktivitas rutin ABK kapal guna memenuhi suplai logistik atau keperluan lainya bisa saja diatur secara ketat.

“Oleh sebab itu kita harapkan aktivitas perairan ditutup saja dulu atau di hentikan semuanya, dan yang saat ini yang sudah berada di DAS Barito agar dilarang naik ke daratan sama sekali,” tandas dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru