Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Barito Selatan Pantau Warga dari Ijtima Ulama Gowa Sulawesi Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 04 April 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Barito Selatan terus memantau warga yang datang dari ijtima ulama di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Zainah Rusiana, mengatakan, saat ini petugas kesehatan sedang melakukan pemantauan terhadap warga Barsel yang baru datang dari kegiatan tersebut.

"Hal itu mengingat informasi ada 1 warga Kotawaringin Barat yang datang setelah mengikuti tabligh itu dan positif Covid-19,” kata Zainah Rusiana, Sabtu, 4 April 2020.

Menurutnya, mereka yang datang mengikuti tabligh tersebut sudah melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing. Pihaknya terus melakukan pelacakan terhadap warga yang berangkat mengikuti tabligh. Kegiatan itu memang akhirnya dibatalkan, namun sudah terlanjur ada yang datang dan berinteraksi dengan jamaah lainnya.

Dia juga menyampaikan bahwa, jumlah Orang Dalam Pemantauan atau ODP di Barito Selatan hingga saat ini sebanyak 43 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan PDP sebanyak 1 orang.

Menurut dia, mereka yang berstatus ODP dan PDP itu berasal dari sejumlah kecamatan di Barito Selatan ini. Mereka yang berstatus kategori ODP dan PDP itu baru datang setelah bepergian dari daerah lain yang sudah terdampak Covid-19.

"Kita akan terus melakukan pemantauan terhadap warga yang berpergian ke luar negeri maupun yang datang dari negara terjangkit, serta yang datang dari wilayah yang ada penularan transmisi lokal sebagai antisipasi penyebaran wabah virus tersebut," ucap Zainah Rusiana. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru