DMI Lamandau Minta Pengurus Masjid Gulung Karpet untuk Cegah Penyebaran Covid-19

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 April 2020 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Lamandau mengimbau pengurus masjid turut aktif dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Salah satunya dengan menggulung karpet masjid yang selama terpasang dan menjadi alas salat.

"Sebagaimana anjuran dari Pimpinan Pusat DMI, semua masjid-masjid diminta agar meniadakan dulu karpet masjid yang selama ini menjadi alas salat atau apapun. Intinya, selama corona ini jangan pakai karpet dulu lah, ganti dulu dengan sajadah. Masing-masing jamaah bawa sajadah dari rumah," kata Sekretaris PD DMI Lamandau, Abdul Kohar, Sabtu 4 April 2020.

Dia juga menjelaskan, DMI Lamandau sejatinya telah mengeluarkan surat resmi yang memuat tentang imbauan bagi masjid-masjid dalam melakukan upaya pencegahan Covid-19. Salah satu poinnya, agar masjid-masjid yang masih menyelenggarakan peribadahan secara umum untuk meniadakan atau tidak memasang karpet.

"Kita juga meminta agar pengurus maupun pengelola masjid secara rutin melakukan  perawatan atau bersih-bersih, agar masjid tetap dalam kondisi steril," katanya.

Abdul Kohar yang juga Camat Bulik itu mengaku, hingga kini masih banyak pihak yang mengabaikan imbauan menggulung karpet itu. Untuk itu, DMI akan mendatangi pengurus masjid terkait untuk memberikan penjelasan secara langsung.

"Kita akui, khusus masjid-masjid di Nanga Bulik saja masih banyak yang abai, makanya akan kita datangi langsung pengurusnya. Kita jelaskan bahwa imbauan ini demi kebaikan bersama," kata dia. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru