Bupati Seruyan Minta Perusahaan Siapkan Lahan Untuk Dukung Ketahanan Pangan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 04 April 2020 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan Yulhaidir menyampaikan surat secara resmi kepada seluruh perusahaan di Kabupaten Seruyan, untuk menyiapkan lahan, guna penyiapan ketahanan pangan masyarakat.

Penyiapan lahan untuk ketahanan pangan dan pembangunan kolam ikan ini, diperuntukan dalam rangka mengantispasi kerawanan pangan, akibat penyebaran virus corona.

“Seluruh perusahaan kita minta untuk menyiapkan lahan sekitar 23 hektar didalam kawasan perizinannya dan membantu 10 hektar di desa atau kelurahan yang menjadi binaannya,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir dalam suratnya.

Kemudian lahan yang disiapkan tersebut, diminta untuk  dibangunkan kebun untuk tanaman  seperti jagung, singkong, ubi jalar, talas dan tebu. Selain itu membangun kolam ikan yang berada di sungai atau anak sungai serta kolam terpal jika tidak terdapat sungai.

“Sumber pangan dari hasil ini, tidak untuk di perjual belikan, melainkan menjadi sumber pangan  bagi seluruh masyarakat untuk mengantisipasi apabila terjadi kerawanan pangan  akibat wabah covid-19,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan penyiapan lahan untuk tanaman pangan serta pembuatan kolam ikan, diminta agar melibatkan masyarakat sekitar kebun, dengan  pengupahan sesuai ketentuan yang diambil dari pendanaan CSR atau kemitraan.

Kepada seluruh camat dan kepala desa, agar berkordinasi dengan perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Serta turut menghimbau masyarakat  untuk menanam tanaman pangan pada setiap pekarangan.

Hasil dari pelaksanaan  kegiatan ini, bisa di sampaikan  kepada Bupati Seruyan  dengan tembusan yang disampaikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru