Mahasiswi Banama Tingang Berstatus PDP Corona, Pulang Pisau Jadi Zona Kuning

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 05 April 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kabupaten Pulang Pisau kini berstatus zona kuning. Hal itu menyusul satu mahasiswi asal Kecamatan Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona virus disease atau Covid-19. 

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo membenarkan informasi tersebut. Ia mengaku mendapat informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan rumah sakit Doris Sylvanus. 

"Dari informasi awal warga yang berstatus PDP itu adalah mahasiswi dari Bawan, Kecamatan Banama Tingang," kata Muliyanto, Minggu, 5 April 2020. 

Ia menambahkan, mahasiswi ini merupakan pasien rujukan dari rumah sakit Siloam ke RS dr Doris Sylvanus. Hal itu karena adanya gejala seperti Corona. 

"Pasien yang bersangkutan sudah diisolasi di Bapelkes Palangka Raya. Otomatis, jika ada satu yang berstatus PDP maka status wilayah berubah dari zona hijau menjadi zona kuning," ucap Mul. 

Mul mengaku tim gugus tugas sudah melakukan penelusuran terhadap pasien itu. Apakah memang sebelumnya terkena gejala itu di kampungnya atau di Kota Palangka Raya dan wilayah lain. 

"Tim ada yang mendatangi rumah pasien yang bersangkutan dan ada juga yang ke Bapelkes. Tentunya ini sebagai antisipasi untuk menentukan langkah selanjutnya," ungkap dr Muliyanto. (M.BADARUDIN/m)
 

Berita Terbaru