Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kiat Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah saat Wabah Corona

  • Oleh Teras.id
  • 05 April 2020 - 23:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Situasi pandemi Covid -19 menyebabkan anak-anak dan sebagian besar orang tua menghabiskan waktu di rumah. Anak-anak belajar dan menjalani rutinitas yang berbeda dari situasi normal. 

Di tengah rutinitas di rumah saja demi menjaga diri dan keluarga, sudah seharusnya orang tua mengajak anak belajar, beraktivitas, dan berdoa.

Wakil Ketua KPAI/Komisioner Bidang Pengasuhan Rita Pranawati mengatakan, keberadaan anak di rumah dengan orang tua dalam situasi Covid-19 berdampak pada pola kehidupan baik anak maupun orang tua. Sebagian besar orang tua bekerja dari rumah dan anak menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Perubahan pola hidup ini menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga, namun banyak pula aspek positifnya jika dijalani dengan sabar, kreatif, dan menyenangkan," ucapnya melalui siaran pers kepada Tempo.co.

Keseruan dan tantangan yang dialami para ibu jelang pekan keempat juga dirasakan oleh salah satu ibu dari dua anak, Jeany Mega Sari. Dia mengaku jika sesungguhnya merasa berat mendampingi anaknya yang duduk di bangku SMP dan SD itu.  

"Buat saya yang memang stay at home mom saja berat, bagaimana dengan yang work from home. Ya pasti ada perubahan, emosinya lebih teraduk," ucap Jeany saat dihubungi Tempo.co.

Tips sederhananya menurut perempuan yang berdomisili di Bekasi ini sebagai orang tua harus konsisten dengan jadwal anak. "Jadi kegiatan saya di rumah yang menyesuaikan jadwal anak kalau hari sekolah seperti biasa. Saya buatkan jadwal agar bisa dijalankan," tambahnya.

Jeany mengaku jika dalam keluarganya dia cenderung merasa lebih aman kalau punya rutinitas harian yang jelas. Berdayakan anak yang lebih besar untuk ikutan membantu adiknya.

Demikian juga yang dialami oleh Dian Eka Putri yang dihubungi Tempo.co. Sedari awal dia telah berpikir harus melakukan apa saja.

"Buat saya anak belajar di rumah tuh beda sama di sekolah. Rumah bukan sekolah, saya bukan guru. Jadi saya nggak membuat suasana seolah-olah ini seperti sekolah dan saat dia belajar saya di depan dia ngajari. Nggak begitu," kata pegawai negeri sipil di salah satu instansi pemerintah di Semarang ini.

Berita Terbaru