Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung, Berikut Tiga Nama Calonnya

  • Oleh Teras.id
  • 06 April 2020 - 10:05 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mahkamah Agung bakal menggelar pemilihan ketua pagi ini, Senin, 6 April 2020 sekitar pukul 10.00 WIB.

Pemilihan Ketua MA dilaksanakan lantaran Hatta Ali, Ketua MA saat ini, memasuki masa pensiunnya.

Dalam gelaran tersebut, ada tiga nama yang masuk dalam bursa pemilihan. Mereka adalah Hakim Agung Andi Samsan Nganro, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Syarifuddin dan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial Sunarto.

Namun, pemilihan Ketua MA kali ini tak akan dihadiri langsung oleh aparatur peradilan pada satuan kerja pusat dan daerah. Mereka hanya diminta menyaksikan penyelenggaraan pemilihan secara live di akun YouTube resmi MA.

"Pada saat menyaksikan acara melalui live streaming agar memperhatikan protokol penanganan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," demikian isi Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2010 yang ditandatangani oleh Sekretaris MA Pudjoharsoyo tersebut.

Pemilihan Ketua MA ini hanya akan dihadiri oleh pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc di Mahkamah Agung.

Hatta Ali telah menjabat sebagai Ketua MA selama dua periode, yakni 2012-2017 dan 2017-2022. Meski begitu, di periode kedua ini, Hatta memasuki masa pensiun karena telah berusia 67 tahun.

TERAS.ID

Berita Terbaru