Viral Kuota 60 GB Hanya Seharga Rp10, Ini Faktanya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 April 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Beberapa hari belakangan viral di grup-grup whatsapp terkait pemberitahuan adanya kuota sebesar 60 GB yang bisa didapatkan hanya dengan harga Rp 10 atau sepuluh rupiah di aplikasi MyTelkomsel.

Masyarakat yang menerima informasi ini lalu berbondong-bondong membelinya di aplikasi tersebut dan merasa senang melihat ada penambahan kuota 60 GB di ponselnya masing-masing.

Namun keluhan-keluhan kemudian juga bermunculan karena kuota tersebut ternyata tidak bisa digunakan. Masyarakat yang mengakses berbagai media sosial kemudian mendapati bahwa kuota tersebut tidak berkurang melainkan kuota utama yang berkurang atau bahkan pulsa utama yang menghilang dan berkurang.

Menanggapi ini, pihak terkomsel memberi penjelasan bahwa informasi tersebut sebenarnya bukan berita hoaks. Hanya saja karena cara penyebarannya salah sehingga masyarakat banyak yang tidak mengerti peruntukan dari kuota tersebut.

"Telkomsel sebenarnya berkolaborasi dengan berbagai bidang kehidupan untuk memaksimalkan upaya pengendalian Covid-19 di Indonesia. Jadi itu kita bagi dalam sektor masing-masing. Misalnya program e-learning kita bekerja sama dengan Ruangguru dan Ilmupedia. Kita sediakan 30 GB secara gratis untuk mengakses dua aplikasi itu sehingga pelajar dan mahasiswa bisa belajar dari rumah dengan tenang tanpa memikirkan harus mengeluarkan uang berapa untuk belajar, itu gratis," kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro kepada Borneonews pada Senin, 6 April 2020 saat dikonfirmasi.

Sementara yang menjadi masalah saat ini, menurut Setyanto ialah pada sektor program e-productivity yang oleh beberapa oknum disebarkan dengan kata-kata menjerumuskan seolah-olah Telkomsel memberikan kuota 60 GB hanya dengan harga Rp10.

"Padahal 60 GB seharaga Rp10 itu adalah untuk masyarakat yang work from home. Jadi ada aplikasi tertentu yang perlu dimiliki untuk menerapak WFH ini dan itu kuota 60 GB bisa diakses sepuasnya untuk keperluan WFH tersebut," jelasnya.

Telkomsel menurutnya memahami bahwa terdapat sejumlah organisasi yang memberlakukan kebijakan bekerja secara remote maupun work from home untuk mendukung efektivitas dan efisiensi dari social distancing.

"Menyadari hal tersebut, Telkomsel berupaya untuk mengoptimalkan kegiatan bekerja secara jarak jauh dengan solusi yang mampu memperkuat kolaborasi antar karyawan sekaligus meningkatkan produktivitasnya, salah satunya melalui CloudX, solusi terbaru dari Telkomsel myBusiness bagi segmen business-to-business," tuturnya.

CloudX merupakan layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang menyediakan fitur seperti CloudX Meeting yang siap mengoptimalkan komunikasi perusahaan agar bisa terhubung dan saling berkolaborasi dengan karyawan dimanapun dan kapanpun.

Berita Terbaru