Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Corona, Dua Penyandang Disabilitas Mental Asal Pulang Pisau Dikembalikan

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 06 April 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Budi Luhur, Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengembalikan dua orang penyandang disabilitas mental asal Kabupaten Pulang Pisau. Dua orang penyandang disabilitas yang dikembalikan itu asal Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau. 

Penyuluh BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru, Sugeng Esa mengatakan, dua orang yang dikembalikan tersebut memang salah satunya untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona. Selain itu, kedua orang tersebut secara kejiwaan sudah bisa dilepas. 

"Memang kalau secara keterampilan kedua orang ini masih belum bisa maksimal. Karena di Budi Luhur itu orang-orang seperti ini dilatih keterampilan seperti pengolahan batako, latihan memasak, salon dan sebagainya," kata Sugeng, Senin, 6 April 2020. 

Ia menambahkan, setelah dilepas ini Sugeng meminta orang tua selalu memantau. Sebab kedua orang ini masih memerlukan obat. 

"Seumur hidup mereka memang harus mengkonsumsi obat. Kami juga akan memantau perkembangannya bekerjasama dengan dinas sosial. Kalau nantinya gejala itu kembali maka akan dilakukan langkah selanjutnya," ujar dia. 

Sugeng mengungkapkan, pihaknya juga membantu dukungan kemandirian bagi mereka. Bantuan itu berupa uang dalam bentuk buku tabungan. 

"Sifatnya kalau kami ini rehabilitasi. Penanganan kami lebih kepada bagaimana orang dengan gangguan mental ini bisa kembali ke keluarganya dengan memiliki keterampilan," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru