Gubernur Kalteng dan Anggota DPR RI Kunjungan Singkat ke Lamandau, Ini yang Dibahas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 April 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran beserta anggota DPR RI, Agustiar Sabran melakukan kunjungan singkat ke Kabupaten Lamandau, Senin 6 April 2020.

Kunjungan keduanya bermaksud mengecek langsung kesiapan Kabupaten Lamandau dalam menanggulangi wabah virus corona atau covid-19, termasuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkannya.

"Saya juga minta pak Bupati segera memetakan dampak yang ditimbulkan dari bencana non alam ini, baik dampak sosial, ekonomi, dan lain-lainnya. Itu untuk dijadikan dasar kebijakan yang akan diambil, apalagi sebentar lagi mau masuk bulan suci Ramadan," kata Sugianto.

Sementara itu, Bupati Lamandau, Hendra Lesmana mengungkapkan pihaknya telah menjelaskan gambaran umum tentang kondisi daerah dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19.

"Kita sampaikan, hingga saat ini Lamandau masih masuk zona hijau covid-19. Namun hal tersebut tidak menjadi jaminan Lamandau aman. Kita tetap melakukan berbagai upaya pencegahan," kata dia.

Hendra juga menyampaikan, kondisi riil yang dialami dalam menanggulangi covid-19, seperti sulitnya mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD), baik APD medis maupun non medis.

"Khusus dalam mengantisipasi dampak ekonomi akibat covid-19 dan jelang Ramadan, pemkab  saat ini sedang mematangkan persiapan untuk melakukan intervensi pasar dalam bentuk operasi pasar skala besar. Langkah itu nantinya diharapkan dapat menekan potensi melambungnya harga bahan pokok di tengah masyarakat," jelas Hendra. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru