Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Skandal Suap FIFA Untuk Piala Dunia 2018 dan 2022 Terkuak Lagi

  • Oleh Teras.id
  • 07 April 2020 - 10:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Skandal suap di tubuh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) kembali terkuak. Dokumen pengadilan di Amerika Serikat menyebutkan sejumlah orang menerima suap untuk pemenangan Rusia dan Qatar sebagai Piala Dunia 2018 dan 2022.

Dalam dokumen yang diterbitkan pada Senin 6 April 2020 waktu setempat disebutkan sejumlah anggota Komite Eksekutif FIFA menerima suap hingga jutaan dolar Amerika.

Tudingan pertama mengarah pada mantan Presiden Concacaf, Jack Warner. Pria asal Trinidad an Tobbago tersebut menerima hingga 5 juta dolar Amerika untuk memenangkan Rusia dalam pemilihan Piala Dunia 2018.

Dokumen tersebut secara gambalang menyebutkan bahwa Warner menerima uang tersebut dari sejumlah perusahaan cangkang di Anguilla, Siprus dan British Virgin Island.

Eks Presiden Federasi Sepak Bola Guatemala, Rafael Salguero, juga disebut menerima suap senilai 1 juta dolar Amerika dari Rusia.

Tak hanya itu, eks Presiden Conmebol Nicolas Leoz dan eks Presiden Asosiasi Sepak Bola Brasil Ricardo Teixeira juga disebut menerima suap untuk memenangkan Qatar pada pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dari keempat nama tersebut baru Salguero yang telah menjalani pengadilan dan dinyatakan bersalah dalam dua kasus suap lainnya serta pencucian uang. Salguero diadili di Amerika Serikat pada 2018.

Nicoas Leoz dikabarkan telah meninggal pada Agustus lalu sementara Warner dan Teixeira belum dapat diadili karena Amerika Serikat tak berhasil mengekstradisi keduanya dari negara masing-masing. 

Meskipun demikian, tak dijelaskan siapa pihak pemberi suap kepada keempat nama tersebut. 

Dokumen pengadilan ini memperpanjang daftar petinggi dunia sepak bola yang terlibat dalam skandal suap FIFA. Sejak 2015, setidaknya terdapat 26 petinggi FIFA yang saat ini sudah tidak menjabat, yang disebut terlibat dalam skandal suap tersebut.

Berita Terbaru