Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memacu Adrenalin, Ini Manfaat Baik Olahraga Pound Fit

  • Oleh Teras.id
  • 07 April 2020 - 12:35 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pound fit adalah olahraga yang melibatkan gerakan seluruh bagian tubuh. Di dalam gerakannya, ada kombinasi antara cardio, conditioning, dan strength training dengan pose-pose serupa dengan yoga dan pilates.

Artinya, jika Anda pecinta yoga dan pilates, maka tidak akan asing dengan gerakan-gerakan dalam pound fit. Hanya saja bedanya, dalam pound fit semua gerakan diiringi lagu dan ketukannya lebih cepat sehingga lebih memacu adrenalin.

Jika belum pernah mencoba olahraga pound fit, beberapa manfaat berikut ini mungkin bisa membuat Anda tertarik:

  1. Kalibrasi lagu dan gerakan
    Saat melakukan pound fit, akan ada track lagu khusus dengan gerakan-gerakan untuk membakar lemak. Artinya, dalam waktu 2-4 menit intensitas gerakannya sangat tinggi namun tidak terlalu lama hingga membuat kelelahan.

    Bayangkan saja, dalam 45 menit kelas pound fit – tidak termasuk pendinginan – ada 15.000 gerakan repetisi dengan 70 teknik gerakan yang bahkan tidak disadari dan tidak memberatkan sama sekali karena dikemas dengan seru.

  • Baik untuk otak dan hilangkan stres
    Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pound fit adalah olahraga yang baik untuk otak sekaligus menghilangkan stres. Adrenalin yang terpacu saat menabuh RipStix dengan iringan musik seru akan membuat hormon endorfin mencapai puncaknya sehingga mood menjadi sangat baik.

    Bahkan bagi orang yang rutin melakukan pound fit, kemampuan dalam mengambil keputusan dan berpikir untuk konteks yang lebih tinggi serta kritis juga makin terasah. Ini juga berhubungan dengan koordinasi mata, tangan, dan seluruh bagian tubuh saat melakukan gerakan berdurasi cepat.
     
  • Membakar kalori
    Dalam satu sesi olahraga pound fit, seseorang bisa membakar lebih dari 900 kalori. Belum lagi gerakan-gerakan yang membentuk dan memperkuat otot. Semua gerakan pound fit jika dilakukan dengan tepat akan membentuk postur yang lebih kuat dan stabil.
     
  • Musikalitas dan daya tahan tubuh
    Jangan terkejut jika pound fit secara drastis bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta kepekaan musikalitas Anda. Tak hanya terpaku dengan repetisi gerakan yang bisa jadi membosankan, pound fit secara strategis membuat Anda lebih menikmati olahraga lewat durasi dan intensitas tinggi musik dan gerakan-gerakannya.

    Jadi, sepanjang sesi pound fit Anda akan fokus pada musik dan volume. Ada tahapan seperti menabuhkan RipStix satu kali, lalu di set berikutnya dua kali, kemudian speed-up yang perlu konsentrasi dan sangat seru.
  • Berita Terbaru