Kabupaten Barito Utara Masih Berstatus Wilayah Zona Kuning Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 07 April 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Hingga Selasa 7 April 2020, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah masih berstatus wilayah zona kuning karena masih belum ada orang yang positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Utara, H Siswandoyo, Selasa 7 April 2020 mengungkapkan, di Bumi Iya Mulik Bengkang Tuan masih belum ada orang berstatus positif terpapar covid-19.

“Diharapkan status ini terus seperti ini atau tidak ada yang terpapar Covid-19 di wilayah Kabupaten Barito Utara,” terangnya.

Namun untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada enam orang dan 27 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Karena empat orang telah dinyatakan negatif terpapar Covid-19 dari hasil pemeriksaan di Palangka Raya, dari sebelumnya 10 orang yang berstatus PDP di Kabupaten Barito Utara, jadi sisa enam orang PDP,” teranagnya.

 

Dia memaparkan, untuk ODP ini tersebar di beberapa kecamatan yakni Teweh Tengah sebnyak 19 orang, Kecamatan Teweh Selatan sebanyak tiga orang, Kecamatan Teweh baru sebanyak tiga orang, dan Kecamatan Lahei Barat sebanyak dua orang.

Sementara orang berstatus PDP ini tersebar di dua kecamatan yakni Teweh Tengah dan Kecamatan Teweh Baru.

Dia meminta agar masyarakat dapat tetap mematuhi imbauan jaga jarak, jaga kesehatan, terapkan perilaku hidup sehat.

“Dan bagi para masyarakat yang datang kembali dari luar Barito Utara diharapkan untuk dapat mengarantina diri secara mandiri serta memakai masker bila berada di luar rumah. Jangan sampai kita turut menyebarkan Covid-19 kepada keluarga dan lingkungan kita berada,” ucapnya.

Bila menunjukan gejala-gejala dari Covid-19, kata dia,  segera hubungi hotline Layanan Covid-19 Barito Utara di nomor 0813 1497 1297.(RAMADHANI/m)

Berita Terbaru