Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisioner Komisi Informasi Kalteng: Masyarakat Sangat Butuh Informasi Aktual Terkait Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 April 2020 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, M Roziqin mengatakan saat ini masyarakat sangat butuh informasi aktual terkait Covid-19, sehingga Tim  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 diharapkan bisa menyampaikan secara kontinyu.

"Semestinya pelayanan informasi yang terhambat pada beberapa hari yang lalu, cukup menjadi pembelajaran saja supaya hari-hari ke depan tidak terulang lagi. Sebab publik sangat berharap informasi tersebut aktual dan real time disampaikan mengingat urgenitas," kata Roziqin kepada Borneonews melalui sambungan WhatsApp, Rabu, 8 April 2020.

Dia menjelaskan sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik atau KIP, informasi tentang bencana alam seperti kekeringan, kebakaran hutan karena faktor alam, hama penyakit tanaman, epidemik, wabah, kejadian luar biasa, termasuk iInformasi tentang jenis, persebaran dan daerah yang menjadi sumber penyakit yang berpotensi menular, harus diumumkan update karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Sebab jika tidak dilakukan simultan dan berkala, maka yang dikhawatirkan adalah publik merangkum sendiri informasi yang ia dengar atau baca dari luar sumber resmi, yang mana hal ini justru berpotensi tidak akurat, berasal dari asumsi, dan rawan menyesatkan karena berimplikasi menjadi kabar hoax," tegasya.

Karena itu mengupayakan adanya sistem data informasi terkait penanganan darurat kesehatan akibat Covid-19 secara real time kepada masyarakat adalah sangat penting.

"Mekanisme pers rilis itu adalah salah satu dari sekian cara. Teknologi sudah kian memudahkan, mengunggah di website atau teknis lainnya yang mudah diakses, bisa dilakukan. Poin pentingnya adalah updating penerbitan informasi publik yang akurat, benar, mudah dijangkau, serta dalam bahasa yang mudah dipahami masyarakat," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru