Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Erick Thohir Jelaskan 4 Tujuan BUMN Gandeng Microsoft

  • Oleh Teras.id
  • 09 April 2020 - 06:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan Microsoft dapat mendukung transparansi data.

"Saya berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah awal BUMN untuk menciptakan nilai lebih, mendukung transparansi data dengan menggunakan teknologi strategis dan efisiensi," ujar Erick dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 8 April 2020.

Ia menyampaikan penandatanganan nota kesepahaman ini sesuai dengan salah satu dari lima prioritas Kementerian BUMN yakni kepemimpinan teknologi.

Erick memaparkan, Indonesia memiliki 800 perusahaan BUMN, termasuk anak perusahaan. Apabila tetap menggunakan cara tradisional dalam mengelolanya, kata dia, maka BUMN dapat terdisrupsi.

Karena itu, Erick memutuskan membangun kemitraan dengan Microsoft untuk membantu BUMN mengembangkan dan mengoptimalkan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan High Performance Computing (HPC).


Ia menjelaskan Microsoft akan membantu PLN mengembangkan Smart Metering, Smart Grid Management, Smart Supply Chain, Big data Analytic dan Executive Dashboard sehingga bisa lebih efektif dan efisien (mengurangi biaya).

Sedangkan dengan Pertamina, lanjut Erick, Microsoft akan membantu dalam kerja sama untuk efisiensi biaya pengadaan dan procurement, untuk mencari sumur-sumur strategis dan juga pengembangan program filantrofi, seperti proyek Al for Earth yang fokus pada keberlanjutan dan dampak perubahan iklim.

Selain itu, Erick menambahkan, Microsoft akan memberikan program pembelajaran kepada PLN dan Pertamina mengenai teknologi digital dan eksplorasi implementasi guna pengembangan sumber daya manusia.

Ia mengharapkan kolaborasi ini akan membantu BUMN untuk mengembangkan modernisasi infrastrukturnya seperti pembangunan pusat data via Cloud, arsitektur ulang aplikasi, dan penilaian aset data.

Erick mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini menandai pembentukan kolaborasi antara Pertamina, PLN dan Microsoft mengenai transformasi digital dan pemberdayaan teknologi.

Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan juga dapat meningkatkan efektivitas operasional BUMN, menghasilkan pendapatan yang lebih besar, efisiensi biaya tinggi, meningkatkan integritas data dari hulu ke hilir, serta membawa konsolidasi data yang lebih baik.

Berita Terbaru