Rapid Tes Dua Peserta Ijtima Ulama di Gowa Asal Pulang Pisau Reaktif dan Dirujuk ke Doris Sylvanus

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 09 April 2020 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Beberapa waktu lalu, sejumlah warga asal Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Ijtima Ulama Klaster Gowa di Sulawesi Selatan. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau bergerak cepat melakukan penanganan terhadap para peserta ijtima ulama tersebut. 

Salah satunya dengan melakukan rapid tes. Dari rapid tersebut, dua orang peserta ijtima ulama dari Pangkoh 6, Desa Garantung, Kecamatan Maliku dan Pangkoh 3, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau hasilnya reaktif. 

Ketua Gugus Tugas Covid-19 melalui Juru Bicara, dr Muliyanto Budihardjo membenarkan informasi tersebut. Reaktif maksudnya ada kecenderungan ke arah sana (virus corona). 

"Sebelumnya status dua orang ini ODP. Hasil rapid tes menunjukkan reaktif. Tetapi belum ada kenaikan status sampai ke PDP," kata Muliyanto, Kamis, 9 April 2020. 

Ia menambahkan, kedua orang ini memang sudah dirujuk ke RSUD dr Doris Sylvanus dan sudah dilakukan penanganan. Keduanya juga akan dilakukan tes swab untuk mengetahui hasil yang sebenarnya. 

"Karena hasil rapid tes sendiri belum bisa dinyatakan akurat 100 persen. Tetapi harus dilakukan uji laboratorium," ungkapnya.

Muliyanto mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil tes swab tersebut. Pihaknya juga telah melakukan penanganan pencegahan di tempat kedua orang tersebut tinggal. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru