Cegah Covid-19, Puskemas Kurun Buka Pelayanan 2 Jalur

  • Oleh Hendra
  • 09 April 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dalam upaya meminimalisir penyebaran wabah Covid-19, Pukesmas Kurun, Kabupaten Gunung Mas membuka pelayanan 2 jalur, yakni di luar gedung dan dalam gedung puskesmas tersebut. 

Plt Kepala Puskesmas Kurun, Peracrista mengatakan, pelayanan 2 jalur ini untuk pasien yang mempunyai gejala infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA dan pasien non ISPA. 

"Bagi pasien dengan ISPA dilayani di luar gedung, sedangkan non ISPA itu dilayani dalam gedung Puskesmas Kurun," ucapnya, Kamis, 9 April 2020.

Ia menjelaskan, di luar gedung sudah disediakan meja identifikasi atau meja triase. Nantinya disitu ada tenaga kesehatan yang akan melakukan skrining terhadap pengunjung yang baru datang. 

Bila ditemukan pasien dengan gejala ISPA, lanjutnya, langsung diarahkan ketempat pelayanan di luar gedung untuk mendapatkan pengobatan, begitu juga sebaliknya.

Selain membuka 2 jalur pelayanan, pihaknya juga membatasi kunjungan dan pelayanan untuk sementara waktu. Baik Itu pelayanan imunisasi maupun pengobatan gigi.  

"Setiap jadwal pelayanan sudah kami tetapkan. Ini kami lakukan agar tidak terjadi perkumpulan orang banyak, sebab kita ketahui pasien yang berobat bisa mencapai 100 orang per hari, karena itu, kami mengambil langkah tersebut sesuai arahan dari Dinkes," tuturnya. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru