Dinkes Kapuas Tunggu Hasil Laboratorium 1 PDP Covid-19 Wafat di RSUD Doris Sylvanus

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 April 2020 - 14:25 WIB


BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kini masih tunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari 1 Pasein Dalam Pengawasan (PDP) virus corona asal Kecamatan Basarang yang wafat di RSUD Doris Sylvanus Kota Palangka Raya, tadi malam.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kapuas dr Tri Setya Utami mengatakan, saat ini status pasien yang dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya pada 1 April 2020 lalu tersebut masih PDP, atau belum bisa dikatakan positif virus Corona.

"Satu PDP yang meninggal dunia tadi malam itu kita rujuk pada 1 April 2020 malam hari lalu. Di RSUD Doris Sylvanus sudah dilakukan pemeriksaan spesimen, dan dikirim ke lab rujukan, namun belum ada info hasilnya saat ini," ucap Tri saat dikonfirmasi, Kamis siang, 9 April 2020.

"Mungkin terjadi antrian panjang karena lab rujukan melayani banyak sekali pemeriksaan spesimen," lanjut dia.

Kendati hasilnya belum keluar, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan pasien tersebut, terutama karena pasien itu, dari informasi yang pihaknya terima ia baru kembali dari Provinsi Sulawesi Selatan untuk ikut acara keagamaan.


"Kalau pendataan sudah dilakukan terhadap kontak. Dan kami terus beri anjuran di rumah saja, self monitoring, PHBS. Nanti kita sama-sama menunggu hasilnya," jelasnya.

Kemudian, saat ditanya berkaitan dengan prosesi pemakaman jenazah, ia menuturkan disesuaikan dengan protap yang berlaku. "Protokol dimakamkan dalam empat jam setelah dinyatakan meninggal dunia," singkatnya. (DODI RIZKIANSYAH/m)

Berita Terbaru