3 Pelaku UMKM di Gunung Mas Mulai Produksi APD

  • Oleh Hendra
  • 09 April 2020 - 15:15 WIB

BORNERONEWS, Kuala Kurun - Sebanyak 3 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Gunung Mas sudah mulai memproduksi alat perlindungan diri atau APD berupa masker. 

Ke-3 pelaku UMKM tersebut merupakan penjahit binaan Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Distranakerkop dan UKM Gunung Mas. 

"Tiga pelaku UMKM binaan kami itu berada di Desa Tewang Pajangan, Kuala Kurun dan Desa Tewai Baru," kata Plt Kepala Distranakerkop dan UKM Gunung Mas, Sudin di rungan kerjanya, Kamis, 9 April 2020.

"Produksi masker ini menindaklanjuti arahan Kementrian Dalam Negeri agar mencari pelaku UMKM yang dapat dimobilisasi untuk memproduksi dan memenuhi kebutuhan APD," imbuhnya. 

Dia menuturkan, hingga saat ini, masker yang dibuat menggunakan bahan kain APL dua lapis tersebut sudah diproduksi 1000 lembar.

"Nantinya masker tersebut akan diberikan secara cuma-cuma atau gratis kepada pelaku UKM yang berada di pasar tradisional dan masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya. 

Di menambahkan, saat ini penjahit binaan pihaknya cuma mampu memproduksi masker sebagai alat perlindungan dari serangan wabah Covid-19. Namun tidak menutup kemungkinan, ke depan pelaku UMKM juga bisa membuat APD lainya seperti baju dan penutup kepala. 

"Nanti sambil melihat situasi. Yang pastinya bahan baku dan modal jauh lebih mahal dibanding membuat masker. Tapi kalau nanti ada pesanan dan bahannya tersedia, mungkin kami bisa membuat pakaian itu," pungkas Sudin. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru