Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Masjid di Sampit Sudah Tiadakan Salat Berjamaah Sementara

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 April 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah masjid di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah menaati imbauan pemerintah yakni meniadakan salat Jumat dan menggantinya dengan salat Dzuhur. Begitu juga salat berjamaah lainnya turut ditiadakan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Dari pantauan Borneonews.co.id, sejumlah masjid tersebut seperti Masjid Imam Syafi'i, Masjid Siratal Mustaqiem, Masjid Al Kamal, Masjid Al Mukhlisin, dan lainnya. 

Pihak pengurus masjid sendiri rata-rata sudah memasang spanduk pemberitahuan terkait hal tersebut. Bahkan mereka mengumumkan kepada masyarakat menggunakan pengeras suara.

"Kami mengikuti anjuran pemerintah, karena ini demi kebaikan umat muslim juga. Karena pandemi Covid-19 ini sangat berbahaya," ujar salah seorang pengurus masjid di Sampit, Ustadz Malik Ashari. 

Sementara, Kementerian Agama (Kemaneg) Kotim sudah mengeluarkan surat imbauan untuk meniadakan salat Jumat berjamaah di masjid dan menggantinya dengan salat Dzuhur. Hal itu dikarenakan sudah ada 3 orang yang positif Covid-19 di Kotim. 

"Sudah kami rapatkan, dan seluruh kegiatan keagaaman yang mengumpulkan orang banyak terpaksa ditiadakan. Itu semua berlaku bagi seluruh agama di Kotim ini," kata Samsudin, Kamis, 9 April 2020. 

Selain itu, jika pandemi ini terus terjadi, maka salat tarawih dan juga buka puasa bersama ditiadakan. Namun jika nantinya berakhir, maka kegiatan beribadah kembali seperti biasanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru