Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah ODP dan ODR Covid-19 di Lamandau Alami Penurunan, Ini Sebabnya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 April 2020 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Jumlah warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan orang dalam resiko (ODR) Covid-19 di Kabupaten Lamandau dalam 2 hari terakhir ini mengalami penurunan. Jika pada Selasa 7 April 2020 data ODP dan ODR tembus diangka 66 dan dan 466, namun kini jumlahnya mengalami penurunan menjadi 47 untuk ODP dan 432 untuk ODR.

"Alhamdulillah, patut kita syukuri karena untuk dua hari terakhir ini terjadi penurunan untuk jumlah ODP dan ODR di Lamandau," kata Bupati Lamandau, Hendra Lesmana yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19, Kamis 9 April 2020.

Bupati memastikan hingga Kamis 9 April 2020 Kabupaten Lamandau masih tetap masuk zona hijau dan berarti tidak ada satupun warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), apalagi positif Covid-19.

Terjadinya penurunan jumlah ODP dan ODR ini disebabkan berbagai faktor. Salah satunya telah habisnya masa karantina atau isolasi mandiri bagi sejumlah warga yang semula berstatus ODP dan ODR.

"Penurunannya ini karena ada beberapa warga yang telah melewati masa isolasi mandiri selama 2 Minggu sebagaimana petunjuk penanganan Covid-19," katanya.

Selain telah melewati masa isolasi mandiri selama dua pekan lebih, warga yang status ODP-nya dicabut itu telah didukung dengan hasil pemeriksaan kesehatan terakhir.

Hasilnya yang bersangkutan dalam kondisi sehat dan tidak merasakan gejala apapun berkaitan dengan Covid-19, termasuk hasil Rapid Test Corona yang telah diikutinya negatif.

Meski begitu Hendra meminta kepada semua masyarakat termasuk warga yang status ODP dan ODR-nya telah dicabut, tetap menjalankan upaya pencegahan penyebaran covid-19, dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah, jika tidak sangat mendesak.

"Saya juga minta agar masyarakat selalu gunakan masker jika mengharuskan dirinya bepergian ke luar rumah, menjalankan physical distancing dan juga menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat," pintanya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru