Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Lamandau Jamaah Tabligh Berangkat ke Gowa Jalani 2 Kali Rapid Test, Ini Hasilnya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 April 2020 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dua warga Kabupaten Lamandau yang merupakan bagian dari jamaah tabligh yang beberapa waktu lalu ikut berangkat ke Gowa, Sulawesi Selatan dipastikan telah menjalani 2 kali rapid test corona.

Kedua orang tersebut selama ini berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19. Rapid test pertama bagi keduanya berlangsung Jumat pekan lalu dan hasilnya saat itu menunjukkan keduanya negatif corona.

Adapun pada rapid test yang ke 2 yang telah berlangsung pada Kamis 9 April 2020 dan hasilnya negatif corona.

Kabar ini diungkapkan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lamandau yang juga Bupati Hendra Lesmana, Jumat 10 April 2020.

Dari 2 kali rapid test dan keduanya menunjukkan negatif corona diakui Hendra Lesmana sebagai kabar yang menggembirakan.

Betapa tidak, di Kalteng saat ini beberapa warga yang positif Covid-19 merupakan klaster Gowa. Tidak heran, khusus untuk 2 ODP yang memiliki riwayat perjalanan ke Gowa itu sengaja dilakukan 2 kali test dengan rentang waktu rapid test yang cukup lama.

Hendra mengakui dari berbagai keterangan yang didapat, alat rapid test corona yang digunakan untuk test itu memang memiliki tingkat akurasi yang rendah, sehingga sangat memungkinkan ada hasil negatif palsu maupun positif palsu, berbeda dengan metode test swab yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Atas dasar itu Hendra berharap agar semua yang berstatus ODP utamanya yang telah menjalani rapid test dan hasilnya menunjukkan negatif corona serta tidak merasakan gejala Covid-19, tetap melakukan langkah isolasi mandiri secara disiplin selama minimal 14 hari. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru