Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Virus Corona Rusak Otak dan Sistem Saraf Sepertiga Pasien Wuhan

  • Oleh Teras.id
  • 13 April 2020 - 07:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah studi pada pasien dengan COVID-19 di kota Wuhan, Cina, telah menemukan bahwa virus corona merusak otak dan sistem saraf setengah dari pasien yang sakit parah.

Dampak seperti itu yang muncul pada sepertiga pasien secara keseluruhan - menyebabkan gejala termasuk sakit kepala, tersandung, bicara tidak jelas, nyeri saraf dan kejang. Temuan lengkap dari penelitian ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Neurology.

Studi ini - yang pertama kali mengkarakterisasi masalah otak yang terkait dengan infeksi virus corona - menunjukkan bahwa gejala-gejala ini dapat menunjukkan pasien dengan risiko yang lebih tinggi, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, 10 April 2020.

Dalam studi tersebut, ahli saraf Bo Hu dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong dan rekannya menganalisis 214 pasien COVID-19 dari Wuhan, Cina, kota tempat wabah itu muncul, antara pertengahan Januari dan pertengahan Februari.

Semua pasien dirawat di salah satu dari tiga pusat perawatan khusus di Rumah Sakit Union universitas itu.

Para ahli memilah gejala neurologis ke dalam satu dari tiga kategori, yang pertama adalah manifestasi sistem saraf pusat - termasuk pusing, sakit kepala, gangguan kesadaran, penyakit serebrovaskular akut, ataksia dan kejang.

Kategori lainnya adalah manifestasi sistem saraf tepi (gangguan rasa, gangguan bau, gangguan penglihatan dan nyeri saraf) dan manifestasi cedera otot rangka.

"Secara keseluruhan, 78 pasien (36,4 persen) memiliki manifestasi neurologis," tulis para peneliti dalam makalah mereka.

"Dibandingkan dengan pasien dengan infeksi non-parah, pasien dengan infeksi parah adalah lebih tua, memiliki lebih banyak gangguan mendasar, terutama hipertensi, dan menunjukkan lebih sedikit gejala khas COVID-19, seperti demam dan batuk," tambah mereka.

"Pasien dengan infeksi yang lebih parah memiliki manifestasi neurologis, seperti penyakit serebrovaskular akut, penurunan kesadaran dan cedera otot rangka."

Berita Terbaru