Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikbud Kobar Lakukan Komunikasi Bidang Pendidikan Lewat Video Conference

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 April 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan komunikasi bidang pendidikan melalui video conference. Langkah itu dilakukan akibat dampak dari Covid-19. Sekaligus sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut. 

Kadis Dikbud Kobar M Rosihan Pribadi menyampaikan, sangat menyambut baik alternatif komunikasi di bidang pendidikan melalui video conference (Vidcon).

"Situasi saat ini menyebabkan pertemuan teknis seperti, workshop, bimbingan teknis, sosialisasi rapat koordinasi dan rekonsiliasi di Kementerian Pendidikan yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini belum bisa dilaksanakan karena penyebaran virus corona ini," ujarnya, Senin, 13 April 2020.

Dia menuturkan, Kementerian Pendidikan juga berusaha agar program yang telah direncanakan sebelumnya tetap terlaksana dan telah ada alternatif melakukan kegiatan itu melalui vidcon.

"Saya sangat menyambut baik adanya vidcon di bidang pendidikan, karena hal itu dapat mengatasi permasalahan ruang pertemuan di tengah kondisi pademi Covid 19. Terlebih model pelatihan daring (dalam jaringan) yang digagas oleh kepala pusat P4TK IPA  Bandung, itu bisa lebih efektif," ungkap Rosihan Pribadi.

Adapun kegiatan bidang pendidikan melalui video conference telah dimulai pada, 26 Maret 2020 yaitu rapat dengan Dirjen Guru Tenaga Pendidikan. 

Kemudian pada 8 April 2020, rapat evaluasi kebijakan pendidikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, 13 April 2020, rakor bidang kebudayaan dengan narasumber Direktur Kebudayaan Kemendikbud dan pada 13 April 2020 digelar pembukaan diklat daring masif dan terbuka oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Melalui vidcon, ia menilai pelatihan daring untuk kegiatan diklat bisa lebih efektif dan efisien. "Diklat jarak jauh menggunakan vidcon i ini dapat meningkatan kompentensi seorang guru guna menyongsong pembelajaran era 4.0 sector pendidikaan. Saya juga bermohon ke Dirjen GTK agar diklat seperti ini dapat terus berlanjut," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru