Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Bentuk Sekretariat Bersama Data Pekerja dan Masyarakat Terdampak COVID-19

  • Oleh Uriutu
  • 14 April 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok –  Pemkab Barito Selatan membentuk sekretariat bersama untuk mendata pekerja dan masyarakat terdampak Virus Corona Disease 19 atau COVID-19.

Sekretariat bersama tersebut dibentuk terdiri dari 4 Dinas yakni, Disnakertrans, Disporaparbud, Disperindagkop dan UMKM serta DSPMD.

Kepala Disnakertrans Barsel, Agus In’yulius mengatakan, kartu prakerja dampak Covid-19 ini, merupakan program kerja Menko Perekonomian RI.

Dan Provinsi Kalimantan Tengah sendiri, lanjut dia, diberikan kuota kartu prakerja sebanyak 49.472. Yang akan dibagikan jatah kepada masing-masing Kabupaten dan kota sesuai dengan jumlah data yang berhasil dihimpun.

Menurutnya dibentuknya sekretariat bersama oleh 4 dinas tersebut agar pendataan para pekerja dan masyarakat bisa terorganisir dan tetap sasaran.

“Pembentukan sekretariat bersama ini agar pendataan nanti tidak tumpang tindih,” kata Agus In’yulius kepada Borneonews, Selasa, 14 April 2020.

Ia menjelaskan, bahwa Disnakertrans hanya bertanggung jawab menghimpun data tenaga kerja yang terkena PHK/dirumahkan dari sektor formal, yakni PBS, BUMN ataupun BUMD.

Sedangkan untuk tenaga kerja informal, yakni perhotelan, tukang cukur, pedagang kaki lima dan lainnya, adalah tanggung jawab tiga dinas lainnya, yakni  Disporaparbud, Disperindagkop dan UMKM, serta DSPMD.

“Jadi untuk Disnakertrans, mendata bidang formal, yaitu PBS, BUMN dan BUMD, seperti Palopo, Adaro dan lain sebagainya. Nah karyawan-karyawan mereka ini yang dirumahkan, itu terdata di kami,” ucap dia. (URIUTU  DJAPER/B-5)

Berita Terbaru