Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gugus Tugas Covid-19 Kapuas Periksa Kesehatan Santri Pesantren dari Kalimantan Selatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 April 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas bersama Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan 98 santri yang baru pulang dari pondok pesantren wilayah Kalimantan Selatan, Selasa, 14 April 2020.

Rinciannya 37 santri dan 61 santriwati. Mereka pulang menuju daerahnya masing-masing karena libur pesantren.

Pemeriksaan dilaksanakan di Posko Induk di Jalan Maluku Kuala Kapuas, sebagai salah satu upaya penceghaan penyebaran virus corona atau covid-19. Pasalnya, para santri berasal dari wilayah zona merah.

"Kami dinkes dan juga Gugus Tugas telah menyambut kedatangan anak-anak pondok Pesantren Darul Hijrah, mereka sebelumnya sudah dicek kesehatannya oleh tim kesehatan di sana, tetapi kami pastikan lagi di sini," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas, Try Setyautami, Selasa, 14 April 2020.

Dia menyebutkan, hasil pemeriksaan kesehatan kepada 98 santri tersebut semuanya dinyatakan sehat.

"Mereka sehat walafiat. Surveilans dari dinskes sudah mendata seluruh anak tersebut termasuk alamat untuk mempermudah pemantauan selama 14 hari ke depan," katanya.

"Mudah-mudahan mereka sehat terus sudah diatur sedemikian rupa. Jadi, mereka bukan disebut ODP," lanjut dia.

Sementara itu, Bidang Humas Komunikasi dan Informatika Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, H Junaidi menjelaskan santri sudah diperiksa kesehatannya, setelah itu mereka disuruh mengisi data lengkap, nomor ponsel, nama orangtua, dan alamat tempat tinggal.

"Supaya santri dapat dipantau pemerintah kecamatan atau daerah masing-masing. Mereka diharuskan mengisosalikan diri di rumah selama 14 hari walaupun sudah mengantongi surat kesehatan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru