Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Setia Kawal Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 April 2020 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Aparat Polda Kalteng dinilai setia mengawal masyarakat dalam menjaga situasi tetap kondisif meskipun di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Penilaian ini disampaikan salah satu tokoh masyarakat sekaligus akademisi Kalteng, Sabian Utsman. Itu tidak lepas karena di tahun 2020 ada agenda dan sebuah peristiwa yang patut dihadapi. 

Yakni mewabahnya virus corona. Sedangkan agendanya adalah pemilihan kepala daerah, gubernur dan wakil gubernur Kalteng, bupati dan wakil bupati Kotawaringin Timur. 

Menurutnya, di setiap aktivitas apalagi padat hajatan besar bagi masyarakat atau situasi darurat serta adanya mobilisir masyarkat, di situlah perlunya kewaspadaan tinggi. Sebab, lanjutnya, tidak ada satupun aktivitas dalam kehidupan bermasyarakat yang terhindar dari bahaya latin terorisme, radikalisme dan intoleransi. Kecuali secara terstruktur sistemik dan terukur melakukan aksi antisipasi secara komprehensif para pihak yang terkait.

“Suka tidak suka, kita harus menghadapi wabah penyakit menular (Covid-19) yang pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei China. Sejak itulah menyebar secara global seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga mengakibatkan pandemi (Covid-19) yang mewabah termasuk di Provinsi Kalteng,” katanya dalam siaran persnya, Selasa, 14 April 2020.

Sabian Utsman juga menyampaikan beberapa tips agar tidak tertular. Di antaranya, harus rutin cuci tangan menggunakan antiseptic, hindari kontak fisik, tetap di rumah, jaga jarak, pisahkan peralatan pribadi (bagi yang ada keluarganya berpotensi tertular Covid-19), pakai masker dan tidak menyentuh area wajah sembarangan.

“Serta jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian, Insya Allah kita terhindar dari malapetaka Covid-19,” ungkapnya.

Berkaitan dengan agenda pesta demokrasi, dia menyampaikan bahwa untuk mewujudkan demokrasi Pancasila, semua harus berperan aktif menyumbangkan pemikiran atau lainnya agar selalu menjaga ketertiban, kedamaian dan keharmonisan dalam bermasyarakat. 

“Dengan sikap demikian, secara langsung maupun tidak langsung sangat efektif, berarti kita juga turut serta membantu aparat penegak hukum khususnya aparat terdepan dalam menjaga Kamtibmas adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menerima amanah besar dipundaknya. Penuh resiko, namun sangat mulia sebagai garda terdepan menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat dalam situasi apapun, terlebih situasi bencana non alam pandemi Covid-19 dan mengawal pelaksanaan Pilkada serentak saat ini,” bebernya.

Masih menurutnya, peristiwa demi peristiwa silih berganti bahkan secara simultan bisa saja dalam kegentingan. Saat ini, tambahnya, kadang terlupakan bahaya latin terorisme, radikalisme dan intoleransi, apalagi sekarang adanya wabah yang menyedot perhatian umat manusia di dunia. 

Berita Terbaru