Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Evakuasi Lutung Berkeliaran di Perumahan Wengga Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 April 2020 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, mengevakuasi seekor lutung. Moyet ekor panjang tersebut selama ini dinilai meresahkan warga di Perumahan Wengga Jaya Agung jalur 5, Jalan Merbabu, Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu, 15 April 2020. 

"Setelah kami mendapatkan informasi terkait adanya seekor lutung di permukiman mereka, sehingga bersama tim kami melakukan penangkapan," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah. 

Belum diketahui lutung tersebut datang dari mana. Namun tidak ada tanda-tanda bahwa hewan tersebut merupakan peliharaan yang lepas. Apalagi di badannya tidak ada bekas ikatan. 

"Kami menduga lutung tersebut bukan peliharaan masyarakat. Apalagi cukup liar, namun dapat kami amankan," kata Muriansyah. 

Meskipun begitu, tidak ada warga sekitar yang diserang oleh lutung tersebut. Sedangkan kondisi hewan itu sehat, tanpa ada bekas luka ataupun pukulan benda tumpul. 

Sehingga, hewan tersebut langsung dilepasliarkan di hutan yang jauh dari pemukiman. Agar tidak setres dan trauma, jika lebih lama lagi berada di dalam kandang. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru