Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Lamandau Sudah 800 Lebih

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 April 2020 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Jumlah warga Kabupaten Lamandau yang saat ini telah mendaftarkan diri serta masuk dalam daftar tunggu haji sudah lebih dari 800 orang.

"Jumlah tersebut terhitung banyak, karena Lamandau hingga kini tidak memiliki jatah kuota haji tersendiri. Masih ikut kuota haji provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lamandau, Hamim, saat dikonfirmasi, Rabu 15 April 2020.

Hamim menyebut, apabila Kabupaten Lamandau masih tidak memiliki kuota haji tersendiri atau kuota provinsi Kalteng tidak bertambah signifikan, bukan hal yang aneh jika antrean pemberangkatan sangat panjang.

"Jika terus seperti ini, sudah pasti daftar tunggunya akan sangat lama," kata dia.

Bila daftar tunggu dihitung dengan jumlah rata-rata, Hamim bahkan memprediksi jika ada yang baru daftar haji saat ini, maka baru bisa berangkat 29 tahun yang akan datang.

"Artinya, kalau kita hitung rata-rata dengan kuota yang ada (13 orang/tahun) maka butuh waktu sekitar 29 tahun untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji," jelas dia. 

Namun, Hamim memastikan pemberangkatan jamaah calon haji asal Lamandau setiap tahunnya dimungkinkan tidak sama. Karena masih dipengaruhi waktu pendaftaran, jumlah pendaftar haji, serta kuota haji provinsi. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru