Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Model Rujukan di Barut Dinilai Harus Ada Demi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • Oleh Ramadani
  • 16 April 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan, harus ada sekolah yang bisa menjadi model rujukan sekolah di sekitarnya pada jenjang pendidikan tingkat TK, SD maupun SLTP. Itu demi meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal ini disampaikannya menindaklanjuti petunjuk dan arahan Bupati Barito Utara yang meminta agar dinas pendidikan bisa secara nyata menyusun program maupun kebijakan yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Syahmiludin menuturkan, program tersebut diminta bupati, harus terukur dan secara nyata dapat terlihat pada masing-masing kecamatan se Barito Utara. “Pendidikan yang maju dan berkualitas jangan hanya ada di ibu kota kabupaten saja. Tapi hendaknya bisa merata di semua wilayah kecamatan se Barito Utara,” kata Syahmiludin, di ruang kerjanya, Kamis, 16 April 2020.

Terkait dengan pengelolaan TK/PAUD yang dilakukan oleh sebagian besar Yayasan maupun TP PKK desa, ia menilai saat ini masih belum maksimal dan terkesan sangat sulit berkembang. Menurutnya, itu karena terbatasnya kemampuan finansial, tenaga pendidik maupun sapras yang bisa disediakan oleh pengelola.

“Keterbatasan kemampuan ini bisa kita mengerti di samping minim dukungan yang bisa disediakan pengelola, juga karena pemahaman tentang pentingnya pendidikan pada jenjang TK/PAUD ini tidak semua pihak dapat menyadarinya,” katanya.

Padahal, kata dia, ibarat pertumbuhan tanaman, maka dari bibit yang baik dan berkualitaslah akan didapat hasil yang baik dengan produktifitas yang tinggi. Sesuai ketentuan regulasi yang ada, untuk kegiatan yang bisa mendapat bantuan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang bersumber dari APBN melalui DAK fisik hanya bisa diberikan kepada TK yang berstatus negeri saja. Sementara untuk TK swasta hanya bisa dibantu melalui APBD.

“Dengan telah disetujuinya penambahan TK negeri tersebut beberapa waktu lalu akan dijadikan dasar bagi Dinas Pendidikan Barito Utara untuk berkoordinasi dengan pihak BP PAUD Provinsi Kalteng maupun Kemendikbud untuk membantu pembenahan dan peningkatan sapras TK-TK negeri baru tersebut melalui DAK fisik jenjang TK/PAUD pada tahun anggaran 2021,” kata Syahmiludin.

Dia menambahkan, dukungan dan perhatian dari Bupati Barito Utara maupun semua pihak terkait, baik yang ada di tingkat eksekutif maupun kalangan DPRD Barito Utara, akan dijadikan momentum bagi kalangan Dinas Pendidikan untuk lebih giat lagi membangun dan memajukan sektor pendidikan di daerah setempat. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru