Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar Sarankan Rombongan Jemaah Ikut Tabligh ke Gowa Dirapid Test Ulang

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 April 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini, jumlah orang positif Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi 8 orang. DPRD Kobar menyarankan Gugus Tugas Covid-19 Kobar kembali melakukan pemeriksaan rapid test terhadap rombongan Jemaah Tabligh ke Gowa Sulawesi Selatan.

"Jadi jangan hanya satu kali pemeriksaan, sebab pasien positif Covid-19 yang ada pada saat ini ketika pemeriksaan rapid test hasilnya negatif. Ternyata begitu dilakukan pemeriksaan swab sampel hasilnya positif," ujar Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman, Kamis, 16 April 2020.

Bahkan sebaliknya, lanjut dia, ada yang hasilnya positif pada saat rapid test ternyata hasil sampel swabnya negatif. Sehingga, ia menilai perlu adanya rapid test ulang.

Menurutnya, dalam upaya pencegahan, tidak bisa hanya Gugus Tugas Covid-19 Kobar saja yang bekerja. Namun diharapkan kesadaran dari masyarakat yang merasa kontak supaya melapor dan mengisolasi mandiri.

"Jangan sampai muncuk gejala dan sakit, baru melapor. Ini perlunya kesadaran dari masyarakat juga, untuk bisa mengikuti protokol Gugus Tugas Covid-19," ungkapnya.

Bambang juga mengimbau kepada eks Jemaah Tabliq Gowa agar tetap taat menjalankan isolasi mandiri. Di sisi lain, pada saat ia melakukan reses di desa-desa yang ada di Kecamatan Kotawaringin Lama, juga membagikan masker kain untuk masyarakat. 

"Sesuai imbauan dari pemerintah, masyarakat supaya memakai masker saat beraktifitas keluar rumah, bila tidak ada masker medis dapat gunakan masker kain," tutupnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru