Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beri Semangat Penyuluh, Kadis Pertanian Hadiri Pengubinan Padi Gogo Di Desa Janah Mansiwui

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 April 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menghadiri Pengubinan padi lahan kering atau padi gogo yang dilakukan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Awang di Desa Janah Mansiwui.

Pengubinan adalah teknik menghitung secara cepat dan sederhana untuk memprediksi hasil panen gabah per hektar di areal tersebut.

"Saya turun ke lapangan untuk memberi semangat penyuluh pertanian yang tetap harus bekerja mendampingi petani di tengah pandemi Covid-19 sekaligus melihat hasil panen padi di Desa Janah Mansiwui untuk memastikan ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur," kata Riza Rahmadi di Desa Janah Mansiwui, Jumat, 17 April 2020.

Meski tetap harus bekerja, dia berharap para penyuluh pertanian tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menghindari penularan Covid-19.

Sementara itu, penyuluh pertanian yang bertugas di Desa Janah Mansiwui, Senggol, menuturkan terkadang mengalami kendala dalam memonitor lahan milik petani binaannya yang terdiri dari 3 kelompok tani.

"Lahan yang berpencar dan medan yang sulit menjadi kendala tersendiri, namun kami harus tetap turun untuk membantu petani jika mereka mengalami masalah terutama dalam mengatasi hama dan penyakit," ungkap Senggol.

Menurutnya, jalan menuju ladang banyak yang terjal dan ladangnya jauh dari pemukiman karena warga desa setempat masih melepaskan ternak berkeliaran di sekitar tempat tinggal.

"Sekalipun ada larangan membakar ladang, tapi tahun ini luas tanam padi gogo di desa ini bertambah karena ada bantuan dari provinsi pembukaan lahan tanpa bakar seluas 48 hektare," lanjutnya.

Untuk diketahui, hasil pengubinan padi gogo pada Kelompok Tani Petak Lahik Desa Janah Mansiwui, diperkirakan setiap hektare padi gogo menghasilkan gabah sebanyak 4,5 ton. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru