Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Desa di Gunung Mas Belum Usulkan ADD dan DD

  • 17 April 2020 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Gunung Mas, Yulianus H. Umar mengatakan, ada tiga desa yang belum mengajukan usulan pencairan tahap pertama alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) tahun 2020.

"Ketiga desa yang belum mengusulkan pencairan tahap pertama ini masing-masing dari Kecamatan Sepang, Damang Batu, dan Manuhing," kata Yulianus H. Umar,  Jumat, 17 April 2020.

Dia menuturkan, dari 114 desa yang ada di Kabupaten Gunung Mas hanya ada 17 desa yang sudah mengurus pencairan sampai ke tingkat Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPAKD) Gunung Mas. Artinya  tinggal menunggu proses pencairannya saja. 

Terkait hal itu, dia mendorong semua desa agar secepatnya mengusulkan anggaran dan melengkapi seluruh persyaratan dokumen. Sehingga roda pembangunan desa cepat terealisasi dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

"Saya sudah meminta kepada camat untuk memonitoring serta mengimbau desa di wilayahnya agar segera mencairkan ADD dan DD supaya tidak berimbas pada terlambatnya pencairan anggaran desa," ujarnya.

Menurutnya, wabah Covid-19 tidak memengaruhi dana transfer ADD dan DD dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Untuk itu, seluruh pemerintah desa diimbau tidak perlu khawatir terkait anggaran. 

Bagi desa yang mendapat DD senilai Rp 800 juta sampai Rp 1,2 miliar, lanjutnya dianjurkan mengalokasikan 15 sampai 20 persennya untuk bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu per bulan per KK. 

"Asalkan  tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan sosial lainnya," pungkasnya. (HENDRA/m)

Berita Terbaru