Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sembako Pasar Murah Pemkab Lamandau Akan Dibeli dari Pedagang Lokal Demi Jaga Stabilitas Harga dan Inflasi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 April 2020 - 06:01 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bahan sembako untuk program pasar murah yang dicanangkan pemerintah kabupaten (Pemkab) Lamandau diupayakan merupakan barang yang dibeli langsung dari pedang lokal.

"Bahan baku sembako untuk pasar murah itu kita tidak beli dari luar (daerah), tapi kita akan upayakan beli dari pedagang lokal," ungkap Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat dibincangi wartawan, Jumat 17 April 2020.

Langkah itu dipilih agar program pasar sembako murah memiliki dampak luas, selain membantu masyarakat terdampak Covid-19 mendapatkan sembako yang disubsidi, di sisi lain juga dapat menjaga stabilitas harga di pasaran, menjaga daya beli, serta dapat menekan inflasi. 

"Perputaran ekonomi harus tetap hidup, salahsatu caranya dengan itu tadi (beli sembako untuk program pasar murahnya dari pedagang lokal). Sehingga masyarakat umum yang terdampak Covid-19 terbantu, pedagang sembako yang ada di kita (Lamandau) juga tetap survive, serta daya beli terjaga dan inflasi dapat ditekan" katanya.

Hendra juga menyebut, program pasar murah yang akan dicanangkan skalanya cukup besar, yakni sekitar 30 ribu paket sembako dengan sebaran di semua kecamatan. Artinya, kat dia, barang-barang yang akan disiapkan nanti diupayakan dibeli di toko-toko milik warga setempat.

"Sebagai contoh ya, untuk program pasar murah di kecamatan Sematu Jaya misalnya,  ya kita ambil (beli) barang dari warung atau toko setempat, agar mereka juga tetap mendapat manfaat dari program ini," jelasnya. 

Agar programnya daoat dirasakan manfaatnya secara luas, kata Hendra, maka programnya harus benar-benar tersasar (tepat saran), tidak boleh ada 'double' kupon atau bahkan monopoli pembelian, sehingga realisasinya di lapangan harus dipastikan untuk satu Kepala Keluarga (KK) adalah satu kupon untuk mendapat satu paket sembako. 

Rencananya, program pasar murah tersasar (tepat sasaran) dalam bentuk penyediaan 30.000 paket sembako murah itu akan direalisasikan awal ramadan nanti. Informasinya, aneka jenis sembako itu seharga Rp250.000/paket untuk harga normal, namun karena disubsidi 50 persen maka bisa ditukar dengan harga Rp125.000/paket.  (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru