8 Tips Sambut Ramadan dengan Tubuh Bugar, Jangan Lupa Olahraga

  • Oleh Teras.id
  • 18 April 2020 - 10:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ramadan sudah di depan mata. Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk untuk urusan kesehatan. Bagaimana tidak, selama berpuasa, waktu makan dan waktu tidur Anda tentu akan berubah.

Anda hanya boleh makan pada waktu berbuka hingga imsak. Selain itu, waktu tidur pun jadi berkurang lantaran Anda harus bangun di seperempat malam menjelang subuh untuk menyiapkan makan dan menyantap sahur. Nah, kedua perubahan pola waktu tersebut sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda.

Jika tidak menyiapkan diri dengan baik, bisa-bisa puasa Ramadan Anda akan terasa sangat sulit untuk dilalui. Akibatnya, entah tubuh Anda bisa jadi terasa sangat lemas, mengantuk berat, serta keluhan lainnya yang berpotensi mengganggu produktivitas.

Tentu Anda tak ingin hal tersebut dapat terjadi, bukan Agar puasa Ramadan tahun ini dapat berjalan lancar dan tanpa masalah, simak persiapan puasa Ramadan yang perlu Anda lakukan berikut ini.

1. Makan makanan yang sehat dan bergizi
Salah satu persiapan puasa Ramadan yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Ya, agar tubuh tetap sehat sejak hari pertama hingga hari terakhir puasa Ramadan maka asupan makanan perlu diperhatikan.

Upayakan untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang berasal dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan susu.

Dengan tercukupinya seluruh nutrisi tersebut, Anda dapat mempertahankan stamina dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini artinya, Anda pun dapat terhindar dari infeksi penyakit selama berpuasa.

Jadi, pastikan untuk melakukan persiapan puasa Ramadan satu ini sejak jauh-jauh hari sebelum melaksanakan puasa hari pertama, ya.

2. Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula
Bagi orang yang melaksanakan puasa, makan hidangan yang berminyak, bercita rasa asin, dan mengandung tinggi gula tentu rasanya menyenangkan. Meskipun makanan-makanan tersebut dapat memanjakan lidah dalam waktu sesaat, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Selain kenaikan berat badan dengan mudah, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Anda juga perlu membatasi makanan dengan asupan garam tinggi, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus.

Berita Terbaru