Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya Ingatkan Warga Waspadai Tindak Kriminalitas Selama Pandemi Covid-19

  • Oleh Hendri
  • 18 April 2020 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto mengingatkan masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kriminalitas selama bencana non alam pandemi Covid-19.

Ia menilai bencana seperti ini secara langsung mengusik sebagian tatanan kehidupan ekonomi masyarakat. Misalnya pendapatan usaha yang berkurang sehingga bisa saja ada oknum yang nekat melakukan berbagai cara kriminal agar mendapatkan penghasilan.

"Saat seperti ini mari kita saling mengingatkan dan saling menguatkan. Semua hal perlu diwaspadai termasuk tingkat kriminalitas yang biasanya terjadi ketika perekonomian mulai melemah," kata Sigit, di Palangka Raya, Sabtu 18 April 2020.

Politisi PDI Perjuangan ini mencontohkan pencurian masker di gudang Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu.

Aksi nekat pelaku tersebut menunjukan bahwa ekonominya terpuruk. Padahal pelaku diketahui merupakan pegawai yang sudah sehari-hari bekerja membereskan tempat tersebut.

"Kondisi seperti ini dengan penghasilan masyarakat yang berkurang sehingga memunculkan keinginan-keinginan oknum untuk melakukan hal negatif atau kriminalitas mari berjaga dengan kewaspadaan," harapnya. (HENDRI/m)

Berita Terbaru