Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPR Kembali Bahas Omnibus Law RUU Cipta Kerja Siang Ini

  • Oleh Teras.id
  • 20 April 2020 - 12:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Legislasi atau Baleg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan kembali membahas omnibus law Rancangan Undang-Undang atau RUU Cipta Kerja

“Rapat virtual jam 13.00,” kata Politikus PDIP yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPR, Rieke Diah Pitaloka, saat dihubungi, Ahad 19 April 2020.

Pekan lalu Badan Legislasi mengadakan rapat bersama pemerintah. Hasil rapat menyatakan akan membentuk Panitia Kerja atau Panja RUU Cipta Kerja.

Panja DPR akan mengundang stakeholder dan narasumber guna membahas RUU Omnibus Law. Hasilnya dapat dijadikan bahan pertimbangan fraksi-fraksi di parlemen menyusun daftar inventarisasi masalah (DIM).

DIM akan dikumpulkan setelah penyerapan aspirasi selesai dilakukan. Fraksi dapat menggubah DIM setelah diserahkan untuk disempurnakan.

Adapun pembahasan DIM disetujui akan dilakukan berdasarkan pengelompokkan atau klaster bidang materi yang ada di dalam RUU. 

Pembahasan akan mengutamakan materi RUU Cipta Kerja yang tidak berdampak sistemik atau tidak mendapatkan penolakan dari masyarakat. "Pembahasan DIM akan dimulai dari materi muatan yang 'mudah' dan dilanjutkan ke materi muatan yang 'sulit'.” Demikian kesimpulan rapat Badan Legislasi dengan pemerintah, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 April 2020.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru