Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Gelar Musrenbang RKPD Secara Online

  • Oleh James Donny
  • 20 April 2020 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau -  Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2020 secara online, Senin, 20 April 2020.

Kegiatan yang digelar di tengah-tengah pandemi  virus Corona atau Covid-19 tersebut berjalan lancar dipimpin langsung Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo. 

Bupati mengatakan, meski di tengah Pandemi Corona Musrenbang tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau tetap melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pilang Pisau untuk tahun 2021.

Bupati menjelaskan kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pemerintah diwajibkan menyusun rencana pembangunan jangka panjang 20 tahun, rencana pembangunan jangka menengah lima tahun dan RKPD sebagai rencana tahunan.

"Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan atau stakeholders," terangnya. 

Proses tersebut katanya dimulai dari forum musyawarah perencanaan pembangunan di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan yang telah dilaksanakan dari bulan Januari hingga Februari tahun 2020, forum gabungan perangkat daerah pada tanggal 11 maret 2020 yang lalu. 

"Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat Kabupaten Pulang Pisau sebagaimana yang kita laksanakan saat ini secara online melalui aplikasi zoom cloud meeting," katanya.

Bupati menjelaskan Musrenbang RKPD Kabupaten yang dilaksanakan itu adalah untuk menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2021 dengan tema Hilirisasi Produk Pertanian dan Pariwisata Berbasis Inovasi Teknologi yang Berkelanjutan Didukung Layanan Birokrasi yang Unggul”.

Dalam kegiatan tersebut Bupati memimpin Musrenbang melalui video conference di aula Mess Pemkab Pulang Pisau, disaksikan SOPD di kantor masing-masing.(JAMES DONNY/m) 

Berita Terbaru