Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 Orang Cluster Gowa Asal Barito Utara Dinyatakan Negatif Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 20 April 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh  – Selain 3 orang cluster Gowa yang hasil pemeriksaan sampel swab melalui polymerase chain reaction (PCR) oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dinyatakan positif Covid-19, juga ada 11 orang lainnya yang dinyatakan negatif. Hasil negatif itu setelah melewati tahap pemeriksan Rapid Test Diagnostic (RDT) SARS co-2 antibodi (RDT Covid-19) sebanyak 2 kali.

“Tiga orang positif terpapar Covid-19 tersebut dimasukkan dalam kode cluster Gowa. Saat ini dirawat di RSUD Doris Silvanus, Palangka Raya dengan kondisi stabil, segar dan kooperatif," kata Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Senin, 20 April 2020.

Dikatakan Nadalsyah bahwa tim gugus tugas telah melakukan tracing kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 dan didapati sebanyak 5 orang.

"Terhadap kontak erat juga telah kami lakukan pemeriksaan dengan hasil non-reaktif (negatif). Saat ini kami rekomendasikan untuk yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan RT, kelurahan dan Puskesmas Lanjas," jelas Nadalsyah.

Seiring dengan ditetapkannya Kabupaten Barito Utara dalam kategori zona merah penyebaran Covid-19, Bupati kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat kabupaten setempat untuk selalu waspada, tetap tenang dan tidak panik.

"Patuhi phsycal distanting yakni menjaga jarak bila berkomunikasi langsung dengan orang, hindari kerumunan orang, batasi aktivitas di luar rumah dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir," pesan Nadalsyah.

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah baik orang yang sakit maupun sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin dan beraktivitas fisik di rumah. Kemudian, tetap melaksanakan belajar di rumah, bekerja dan beribadah di rumah untuk sementara.

Nadalsyah juga mengingatkan kembali agar seluruh masyarakat dapat berperan serta aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. "Tanpa peran serta masyarakat, pencegahan penyebaran Covid-19 adalah suatu keniscayaan," tuturnya. (RAMADHANI/B-7) 

Berita Terbaru