Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Rapid Tes Keluarga Mahasiswi Positif Covid-19 Negatif

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 20 April 2020 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau melakukan rapid tes terhadap keluarga mahasiswi positif covid-19 asal Desa Bawan Kecamatan Banama Tingang. Rapid tes itu dilakukan terhadap tiga orang yaitu ayah, ibu dan saudara mahasiswi tersebut. 

Hasilnya, ketiganya negatif. Tes ini dipimpin langsung kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo. 

Muliyanto turun langsung ke Desa Bawan karena adanya gejolak di masyarakat setempat pasca pengumuman mahasiswi asal Desa Bawan yang positif tersebut. Masyarakat setempat panik karena keluarga mahasiswi itu berada di Puskesmas Bawan. 

Muliyanto menegaskan, masyarakat harus benar-benar memahami setiap informasi yang beredar. Masyarakat, lanjut dia, juga harus memahami setiap istilah ODR, ODP, OTG, PDP dan positif. 

"Jangan karena ketakutan ini membuat kita bertindak sesuatu yang tidak pas. Kita harus sama-sama berpikir jernih dan jangan sampai mengucilkan keluarga atau pasien yang positif covid-19," tegas Muliyanto, Senin, 20 April 2020. 

Juru bicara gugus tugas covid-19 ini menambahkan, intinya mahasiswi yang positif ini tidak terjangkit di Bawan. Tetapi, yang bersangkutan terjangkit di Palangka Raya. 

"Sementara untuk petugas Puskesmas ini kalau secara teori tidak perlu dirapid tes. Karena mereka tidak bersentuhan dengan pasien positif. Tetapi, demi keamanan nanti juga akan kami rapid tes," tegasnya. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru