Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Gelar Musrenbang Online

  • Oleh Norhasanah
  • 21 April 2020 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) secara online, Selasa, 21 April 2020.

Pelaksanaan kegiatan secara online trsebut merupakan arahan dari Kementerian Dalam Negeri melalui surat edaran. Salah satunya, perihal pelaksanaan musrenbang RKPD provinsi dan kabupaten/kota tahun 2021.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Ada perubahan pola pelaksanaan agar perencanaan tetap berjalan sesuai tahapan," kata Sekda Sukamara, Sutrinso, Selasa, 21 April 2020.

Dia menjelaskan, musrenbang secara online merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan yabg dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan.

"Juga untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap hasil pembangunan," ujarnya.

Disisi lain, musrenbang secara online merupakan wahana strategis bagi pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif, yang tentunya dengan melibatkan tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah daerah, masyarakat dan swasta atau dunia usaha.

"Saya memandang bahwa musrenbang secara online ini merupakan momentum untuk menyatukan pola pikir atau aspirasi berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dan berbagai bidang usaha pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan, serta yang bersifat sektoral dan lintas sektor dari pemerintah pusat maupun provinsi," tukas Sutrinso.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bappeda Sukamara, dipimpin langsung Sekda Sukamara Sitrinao dengan dihadiri oleh Ketua DPRD Sukamar, Deni Khaidir dan lainnya. (NORHASANAH)

Berita Terbaru